Mengenal Papeda Makanan Khas dari papua dan Bagaimana Cara membuatnya


Papeda adalah makanan berupa bubur sagu khas Maluku dan papua yang biasanya disajikan dengan ikan tongkol atau mubara yang dibumbui dengan kunyit. Papeda berwarna putih dan bertekstur lengket menyerupai lem dengan rasa yang tawar. Papeda merupakan makanan yang kaya serat, rendah kolesterol dan cukup bernutrisi.

Di berbagai wilayah pesisir dan dataran rendah di Papua, sagu merupakan bahan dasar dalam berbagai makanan. Sagu bakar, sagu lempeng, dan sagu bola, menjadi sajian yang paling banyak dikenal di berbagai pelosok Papua, khususnya dalam tradisi kuliner masyarakat adat di Kabupaten Mappi, Asmat, hingga Mimika. Papeda merupakan salah satu sajian khas sagu yang jarang ditemukan. Antropolog sekaligus Ketua Lembaga Riset Papua, Johszua Robert Mansoben, menyatakan bahwa papeda dikenal lebih luas dalam tradisi masyarakat adat Sentani dan Abrab di Danau Sentani dan Arso, serta Manokwari.

Pada umumnya, papeda dikonsumsi bersama dengan ikan tongkol. Namun, papeda dapat juga dikombinasikan dengan ikan gabus, kakap merah, bubara, hingga ikan kue. Selain kuah kuning dan ikan, bubur papeda juga dapat dinikmati dengan sayur ganemo yang diolah dari daun melinjo muda yang ditumis dengan bunga pepaya muda dan cabai merah.

Resep papeda telur gulung

Bahan-bahan :

50 gram tepung sagu
1 btr telur puyuh
50 gram tepung beras
Saus sambal sesuaikan
Air putih sesuaikan
Mentega sesuaikan
Mecin sesuaikan
Keju sesuaikan
Balado sesuaikan
bubuk abon sesuaikan
Garam sesuaikan

Cara membuat papeda telur gulung :

  1. Sediakan wadah untuk membuat adonan, masukan tepung, mecin, air, serta garam, aduk semua bahan tersebut hingga merata. Sediakan telur puyuh terlebih dulu
  2. Sediakan wajan, olesi dengan mentega, masukan telur puyuh, lembutkan adonan dengan cara di goyangkan wajan atau juga bisa menggunakan sumpit atau tusukan sate. ketika menghancurkan telur dan bahan lainnya jangan diamkan hingga matang supaya tidak sulit ketika digulung.
  3. Masukan adonan aci diatas telur yang sebelumnya sudah dilembutkan, buat dadar di wajan yang mendatar.
  4. Taburkan bahan bubuk keju, balado, untuk rasa bisa di sesuaikan dengan selera anda. Untuk bagian pinggir gunakan tusukan sate lalu gulungkan. Jangan lupa sambalnya
  5. Papeda telur gulung siap untuk disajikan dan dinikmati.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.